Hambatan Strategi Komunikasi

Menurut Shannon dan Weaver, gangguan komunikasi terjadi intervensi yang menggangu salah satu elemen komunikasi, sehingga proses komunikasi tidak berla

Sikom.id - Menurut Shannon dan Weaver, gangguan komunikasi terjadi intervensi yang menggangu salah satu elemen komunikasi, sehingga proses komunikasi tidak berlangsung secara efektif, sedangkan rintangan komunikasi adalah adanya hambatan yang  membuat  proses  komunikasi  tidak  dapat  berlangsung  sebagaimana  harapan komunikator dan komunikan.

Hambatan strategi komunikasi

Meski gangguan dan rintangan komunikasi dapat dibedakan, tapi sebenarnya rintangan komunikasi bisa juga terjadi disebabkan adanya gangguan. 

Menurut Cangara ( 2015:167 ), Gangguan atau rintangan komunikasi pada dasarnya dapat dibedakan atas tujuh macam, yakni:

1. Gangguan Tekhnis

Gangguan tekhnis terjadi jika salah satu alat yang digunakan dalam berkomunikasi mengalami gangguan, sehingga informasi yang ditransmisi melalui saluran mengalami kerusakan. Misalnya gangguan pada stasiun radio atau TV, gangguan jaringan telepon, rusaknya pesawat radio sehingga terjadi suara  bising dan semacamnya.

2. Gangguan Semantik dan Psikologis

Gangguan semantik adalah gangguan komunikasi yang disebabkan karena kesalahan bahasa yang digunakan. Gangguan semantik sering terjadi karena:

  1. Kata-kata yang digunakan telalu banyak memakai bahasa asing sehingga sulit dimengerti oleh khalayak tertentu.
  2. Bahasa   yang   digunakan   pembicara   berbeda   dengan   bahasa   yang digunakan oleh penerima.
  3. Struktur bahasa yang digunakan tidak sebagaimana mestinya, sehingga membingungkan penerima.
  4. Latar belakang budaya yang menyebabkan slaah persepsi terhadap simbol- simbol bahasa yang digunakan.

Gangguan semantik telah  menimbulkan    persepsi keliru sehingga menimbulkan  tanggapan  yang  salah.  persepsi  adalah  proses  internal  dalam  diri seseorang  yang  menerima  informasi  untuk  membuat  praduga  tertentu  terhadap stimulu yang diterima oleh salah satu panca indera, sebelum dinyatakan dalam bentuk pendapat atau tanggapan.

Selain rintangan semantik, juga terdapat rintangan psikologis, rintangan psikologis terjadi karena adanya gangguan yang disebabkan oleh persoalan-persoalan dalam diri individu. Misalnya rasa curiga penerima informasi kepada pemberi informasi,   situasi   berduka   atau   karena   gangguan   kejiwaan   sehingga   dalam penerimaan dan pemberian informasi tidak sempurna.

3. Rintangan Fisik

Rintangan fisik adalah rintangan yang disebabkan karena kondisi geografis misalnya jarak yang jauh sehingga sulit dicapai, tidak adanya jalur transportasi dan semacamnya. Dalam komunikasi antarmanusia, rintangan fisik bisa juga diartikan karena adanya gangguan organic, yakni tidak berfungsinya salah satu fungsi panca indera pada penerima.

4. Rintangan Status

Rintangan  status  adalah  rintangan  yang  disebabkan  karena  jarak  sosial diantara peserta komunikasi, misalnya perbedaan status antara atasan dan bawahan. Perbedaan   seperti   ini   biasanya   menuntut   perilaku   komunikasi   yang   selalu memperhitungkan  kondisi dan  etika  yang  sudah  membudaya  dalam  masyarakat, yakni bawahan cenderung hormat pada atasan.

5. Rintangan Kerangka Berpikir

Rintangan kerangka berpikir adalah rintangan yang disebabkan adanya perbedaan persepsi antara komunikator dengan komunikan terhadap pesan yang disampaikan dalam berkomunikasi. Ini disebabkan karena latar belakang pengalaman dan pendidikan yang berbeda, rintangan yang sulit diatasi pada hakikatnya berada antara pikiran seseorang dengan orang lain.

6. Rintangan Budaya

Rintangan budaya adalah rintangan yang terjadi disebabkan karena adanya perbedaan  norma,  kebiasaan,  dan  nilai-nilai  yang  dianut  oleh  pihak-pihak  yang terlibat dalam komunikasi. Di Negara-negara berkembang masyarakat cenderung menerima informasi dari sumber yang banyak memiliki kesamaan dengan dirinya, seperti bahasa, agama, dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Sumber:

Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2015. 

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

Baca Juga: Kode Referral BNC Neo+ Terbaru dan Dapatkan 20rb Gratis