Strategi Komunikasi

Setelah kita membahas mengenai strategi pada waktu yang lalu, maka saat ini kita akan membahas mengenai strategi komunikasi.

Pengertian Strategi Komunikasi

Setelah kita membahas mengenai strategi pada waktu yang lalu, maka saat ini kita akan membahas mengenai strategi komunikasi.

Strategi Komunikasi

Strategi komunikasi menurut Muhammad Arni adalah semua   yang   terkait   mengenai   rencana   dan   taktik   atau   cara   yang   akan dipergunakan untuk melancarkan komunikasi dengan menampilkan pengirim, pesan, dan penerimanya pada proses komunikasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (Arni,2004:65)

Sedangkan menurut Anwar Arifin strategi komunikasi merupakan seluruh keputusan kondisional tentang tindakan  yang akan dijalankan guna mencapai tujuan. Yang artinya dalam merumuskan strategi komunikasi berarti  memperhitungkan kondisi dan  situasi yang akan dihadapi dan yang mungkin akan dihadapi dimasa depan, guna mencapai efektivitas  untuk  menciptakan  perubahan  pada  diri  khalayak.

Strategi  komunikasi memungkinkan  suatu  tindakan  komunikasi  dilakukan  untuk  target-target  komunikasi yang dirancang sebagai target perubahan.

Kategori Strategi Komunikasi

Menurut Chris Fill yang dikutip dari Pambayun Menur Seta (2014:25), strategi komunikasi terbagi menjadi tiga teori utama 

Put strategy, dimana strategi komunikasi pada bagian ini difokuskan untuk meraih khalayak masyarakat, yang bertujuan untuk mengarahkan khalayak untuk dapat melihat produk, mempertimbangkan, kemudian masuk kedalam  jaringan perusahaan. 

Push strategy, strategi komunikasi ini memfokuskan pada kemampuan kinerja karyawannya, strategi ini mengarahkan pada terwujudnya kekuatan untuk mendorong kesetiaan dan komitmen kerjanya. 

Pull Strategy, strategi komunikasi untuk mempertahankan image perusahaan dan prosesnya mengarahkan pada tujuan untuk menjaga hubungan dengan relasi dan pelanggan perusahaan.

Tujuan Strategi Komunikasi 

Menurut  R. Wayne Pace, Brent D. Peterson dan M. Dallas Burnett menyatakan bahwa strategi Komunikasi memiliki tiga tujuan, yaitu :

  1. To secure understanding – memastikan pesan diterima oleh komunikan.
  2. To establish acceptance – membina penerimaan pesan.
  3. To motivate action – kegiatan yang dimotivasi.

Dari beberapa uraian pendapat para ahli diatas, penulis menyimpulkan bahwa strategi komunikasi merupakan perencanaan, taktik, dan rancangan  yang dipergunakan untuk melancarkan proses komunikasi, agar mencapai tujuan. Strategi ini dijalankan guna untuk mencapai target-target yang diinginkan, serta untuk semakin memperinci kondisi yang dihadapi ataupun yang mungkin dihadapi guna meminimalisir kemungkinan yang tidak sesuai dengan yang diinginkan oleh pihak perusahaan.

Sumber:

  1. Muhammad Arni, Komunikasi Organisasi, Jakarta:Bumi Aksara, 2004
  2. Pambayun Menur Seta, Strategi Komunikasi PT. Kaha Event Management dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Jakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Jakarta,2014 

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>

Baca Juga: Kode Referral BNC Neo+ Terbaru dan Dapatkan 20rb Gratis