Pengertian Strategi

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai strategi komunikasi, ada baiknya kita pahami dahulu apa itu strategi. Untuk awal ini kita bahas terlebih dah

Sikom.id - Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai strategi komunikasi, ada baiknya kita pahami dahulu apa itu strategi. Untuk awal ini kita bahas terlebih dahulu apa itu strategi.

Pengertian Strategi

Pengertian Strategi

Menurut Tjiptono (2006:3) istilah strategi berasal dari bahasa Yunani yaitu strategia yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jendral. Strategi juga bisa diartikan suatu rencana untuk pembagian dan penggunaan kekuatan militer pada daerah – daerah tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.. 

Sedangkan Menurut Pearce II dan Robinson (2008:2), strategi adalah rencana berskala besar, dengan orientasi masa depan, guna berinteraksi dengan kondisi persaingan untuk mencapai tujuan

Menurut Stoner, Freeman, dan Gilbert. Jr (2005), konsep strategi dapat di definisikan berdasarkan dua perspektif yang berbeda yaitu : (1) dari perspektif apa suatu organisasi ingin dilakukan (intens to do), dan (2) dari perspektif apa yang organisasi akhirnya lakukan (eventually does).

Strategi menurut Ahmad S. Adnan Putra adalah bagian dari suatu rencana, sedangkan rencana merupakan produk dari perencanaan, yang pada akhirnya perencanaan adalah suatu fungsi dasar dari fungsi manajemen. Maka strategi itu pada hakikatnya adalah suatu perencanaan dan manajemen untuk mencapai  tujuan tertentu dalam praktik operasionalnya. (Rosady Ruslan,, 2000: 31)

Kemudian menurut Onong Uchjana Effendy yang dikutip Jalaluddin strategi  merupakan suatu perencanaan (planning), dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan strategi yang tidak  hanya  berfungsi  sebagai  petunjuk  satu  arah  saja  melainkan  harus  mampu menunjukkan bagiamana taktik operasionalnya  (Jaluddin, 2009:18)

Jadi pada dasarnya pendapat-pendapat diatas mempunyai inti yang sama yaitu strategi merupakan penentuan  tujuan sasaran tujuan jangka panjang dari suatu instansi  atau organisasi.  Karena strategi  adalah  suatu  alat  yang digunakan  untuk menapai tujuan.

Sifat dari Strategi

Menurut Jauch dan Glueek, sifat strategi sebagai berikut:

  • Unfield, menyatukan  seluruh bagia-bagian dalam  organisasi  atau perusahaaan.
  • Complex, bersifat menyeluruh mencakup seluruh aspek dalam organisasi atau perusahaan.
  • Integral, dimana seluruh strategi akan sesuai dari seluruh tingkatan.

Apabila strategi pada suatu organisasi telah memiliki beberapa sifat diatas, maka dapat dipastikan dalam pengaplikasian kegiatan akan berjalan efektif dan efisien. Strategi digambarkan sebagai salah satu unsur yang mempengaruhi organisasi, strategi juga merupakan  suatu rencana jangka panjang. Strategi mendukung terbentuknya manajemen.

Dalam menetapkan strategi diperlukan yang namanya Komunikasi. Colin Chery mendefinisikan Komunikasi merupakan pembentukan satuan sosial yang terdiri dari individu-individu melalui penggunaan bahasa dan tanda. 

Memiliki kebersamaan  dalam  peraturan-peraturan,  untuk  mencapai  aktivitas  pencapain tujuan. Disamping itu, komunikasi adalah mesin pendorong proses sosial yang memungkinkan  terjadinya  interaksi  antar  manusia  dan  menjadikan  manusia sebagai makhluk social (Rivers dan Peterson, 2003: 26). Pendapat lain menurut Effendy, Komunikasi adalah peristiwa penyampaian ide manusia. 

Dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa komunikasi  merupakan  suatu  proses    penyampaian  pesan  yang  dapat  berupa pesan informasi, ide, emosi, keterampilan dan sebagainya melalui simbol atau lambang  yang dapat   menimbulkan efek berupa tingkah laku  yang dilakukan dengan media-media tertentu.

Sumber:

  • Hafied Canggara, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: PT.Grafindo Persada, 2012
  • Jaluddin, strategi dakwah islam tentang perilaku kekerasan orang tua terhadap anak, fakultas dakwah dan komunikasi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2009
  • Rosady Ruslan, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Jakarta: Grafindo Persada, 2000
  • William. L. Rivers dan Jay W. Jensen Theodore Peterson, Media Massa dan Masyarakat Modern, (Jakarta: Prenada Media Group,2003

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
IMG-20230520-WA0009