Komposisi Dalam Fotografi

Komposisi dapat diartikan sebagai cara menata elemen-elemen dalam gambar, elemen-elemen yang mencakup garis, bentuk, warna, dan gelap terang.

sikom.id  - Dalam fotografi dikenal dengan istilah komposisi. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai komposisi ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa arti dari komposisi. 

Komposisi dapat diartikan sebagai cara seorang fotografer menata elemen-elemen dalam gambar, adapun elemen tersebut terdiri dari garis, bentuk, warna, serta gelap dan terang. Hal utama dari komposisi  adalah untuk menghasilkan visual impact atau kemampuan menyampaikan perasaan yang Anda inginkan untuk mengekspresikan dalam foto. Berikut ulasan komposisi dalam fotografi :

Komposisi Dalam Fotografi

1.Perspektif

Perspektif adalah keadaan suatu gambar atau foto yang menunjukkan ada penghujung pada satu subjek. Salah satu cara paling efektif dalam memberi perspektif pada foto adalah dengan memanfaatkan titik lenyap. Titik lenyap adalah titik yang seolah-olah sebuah bendaa, makin belakang posisinya akan semakin mengecil bentuknya.

2. Framing

Framing adalah membingkai objek utama yang dikelilingi dengan elemen lain dalam foto. Manfaat menggunakan framing adalah mata para penonton akan fokus pada satu objek. Selain itu framing juga memberi efek ruang yang tajam pada foto yang dihasilkan

3.Background & Foreground

Background & Foreground adalah salah satu komposisi dalam fotografi yang memili elemen untuk mempercantik foto yang akan diambil. Seperti foto jalanan dengan background bangunan tinggi atau foto seseorang ditengan hamparan bunga

4.Rule of Thirds

Salam komposisi ini sangat tidak disarankan untuk meletakkan objek foto di tengah. Alternatifnya yaitu meletakkan objek agak ke kiri atau ke kanan. Karena sepertiga bagian foto adalah teknik dimana Anda menempatkan objek pada sepertiga bagian bidang foto.

5.Dimensi

Meskipun foto merupakan seni dua dimensi, tetapi tidak menutup kemungkinan foto yang anda ambil dapat memberikan kesan tiga dimensi. Unnsur utama membentuk dimensi adalah jarak. Dimensi dapat dibentuk apabila adanya jarak, jika kita menampilkan suatu objek dalam suatu dimensi maka akan terbentuk jarak dalam setiap elemennya. Untuk membuat suatu dimensi diperlukan adanya permainan ruang tajam, permainan gelap terang dan garis.

Komposisi dalam fotografi tidak bisa hanya sekali praktek. Harus berulang-ulang kali memotret dan perlu latihan agar hasil foto semakin maksimal. Dari banyaknya latihan Anda akan menemukan komposisi dalam fotografi yang pas dalam foto Anda.



Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>
IMG-20230520-WA0009