PR Digital

PR Digital adalah pemeliharaan profesional atas citra online perusahaan yang menguntungkan.

sikom.id- PR Digital adalah pemeliharaan profesional atas citra online perusahaan yang menguntungkan. Agen PR digital mempromosikan bisnis melalui blog, situs web, dan media sosial.

Kampanye PR digital bertujuan untuk meningkatkan sebutan, tautan balik, dan pencitraan merek online perusahaan Anda, yang semuanya lebih penting untuk kesuksesan merek saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. PR pemasaran digital semakin populer seiring dengan semakin meluasnya Internet. Munculnya media sosial juga menyebabkan munculnya PR digital karena bisnis dapat menggunakan platform ini untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Dalam postingan ini, kami mengeksplorasi mengapa strategi PR digital itu penting. Kami juga membahas aktivitas perusahaan SEO dan berbagi contoh.

Mengapa PR Digital itu penting

PR Digital penting karena memperkenalkan bisnis kepada audiens target baru. Eksposur ini terjadi pada halaman hasil pencarian dan penempatan artikel editorial di website populer.PR Digital juga efektif dalam mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan. Dalam banyak kasus, siaran pers digital diambil oleh media dan menjadi tautan baru ke situs web perusahaan. Tautan ini membantu meningkatkan pengoptimalan mesin telusur situs web Anda, sehingga memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis Anda secara online.

Manfaat PR Digital bagi Usaha Kecil:

  1. Meningkatkan Peringkat SEO. Google didirikan sebagai mesin pencari hypertext. Tautan balik adalah bagian penting dari bagaimana situs web muncul di halaman hasil mesin pencari. Secara umum, semakin relevan tautannya, semakin baik peringkat situsnya. PR digital sangat membantu dalam melindungi backlink.
  2. Meningkatkan lalu lintas situs web. Titik awal PR adalah memastikan liputan editorial perusahaan. Liputan editorial ini meningkatkan rujukan dan membantu meningkatkan lalu lintas situs web.
  3. Menandai. Platform pihak ketiga yang memiliki reputasi baik dapat membantu memperkenalkan bisnis kepada audiens baru. Strategi PR digital membangun merek perusahaan dengan meningkatkan penyebutan organisasi secara online.
  4. Hasilkan prospek. Seiring pertumbuhan lalu lintas situs web, rujukan baru juga meningkat. PR digital meningkatkan lalu lintas pencarian organik dan lalu lintas rujukan melalui SEO.
  5. Meningkatkan penjualan. PR digital membantu membangun kepercayaan pada merek. Ketika konsumen mempercayai suatu merek, mereka cenderung akan membeli. 
  6. Bagaimana PR digital menguntungkan bisnis kecil

Jenis PR Digital

Agensi PR pemasaran digital dapat menggunakan banyak teknik berbeda untuk mencapai hasil. Dalam terminologi SEO, teknik ini sering diklasifikasikan sebagai “topi putih” vs “topi hitam” vs “topi abu-abu”.

Berikut ini adalah jenis PR digital yang paling umum:

  1. Sebutan yang tidak tertaut. Anda menyebutkan perusahaan Anda yang tidak menyediakan link ke website Anda.
  2. Postingan tamu. Menulis dan mempublikasikan artikel tentang orang lain.
  3. Penyertaan indeks. Kirimkan situs web bisnis Anda ke direktori yang berisi bisnis serupa lainnya.
  4. Siaran pers. Bagikan pengumuman berita untuk melindungi fitur pers. 
  5. Pemasaran Influencer. Dapatkan iklan di akun pengguna media sosial yang berpengaruh.
  6. Perbedaan PR digital dengan pembuatan tautan

PR digital berbeda dengan pembuatan tautan tradisional dalam beberapa hal penting. Pertama, PR digital bertujuan untuk membangun hubungan, meningkatkan citra merek, dan meningkatkan penyebutan dan visibilitas online, sedangkan pembuatan tautan sering kali hanya berfokus pada mendapatkan tautan balik untuk meningkatkan SEO.

PR Digital mengambil pendekatan holistik yang menggabungkan strategi seperti sebutan yang tidak tertaut, postingan tamu, siaran pers, dan pemasaran influencer untuk mencapai tujuan pemasaran yang lebih luas. 

Sebaliknya, pembuatan tautan biasanya berkisar pada mendapatkan tautan balik melalui direktori, kampanye kesadaran, dan kemitraan konten.Dalam hal metrik, metrik PR digital mencakup penyebutan merek, pertumbuhan lalu lintas situs web, keterlibatan media sosial, dan persepsi merek secara keseluruhan. Metrik pembuatan tautan terutama berkisar pada jumlah dan kualitas tautan balik, peningkatan otoritas domain, dan dampak pada peringkat kata kunci.

Kampanye PR digital sering kali memiliki dampak jangka panjang pada visibilitas dan reputasi merek, sementara pembuatan tautan dapat lebih fokus pada manfaat SEO jangka pendek dengan mendapatkan tautan balik.

Kedua metode tersebut merupakan strategi penting yang berkontribusi terhadap kesuksesan bisnis dan pertumbuhan merek. Strategi-strategi ini paling sering digunakan bersama-sama untuk mencapai pendekatan pemasaran yang optimal.

Strategi PR Digital

Strategi digital menjelaskan bagaimana perusahaan meningkatkan peringkat SEO. Garis besar ini biasanya mencakup ide untuk branding dan mengamankan tautan eksternal. Selain itu, strategi dapat mencakup audit SEO, backlink, dan penugasan.

Dasar-dasar strategi PR digital adalah:

  1. Targetkan teks tautan. Anchor text adalah kata yang dapat diklik atau kata-kata yang mengarah dari situs web eksternal ke halaman di situs web Anda. Teks jangkar situs adalah cara Anda memilih situs eksternal untuk ditautkan ke halaman Anda. Misalnya, menautkan "SEO Teknis" lebih efektif daripada "klik di sini". 
  2. URL tujuan. URL target adalah halaman web yang Anda promosikan dalam strategi. Ini adalah situs tempat Anda ingin mengarahkan lebih banyak lalu lintas dengan pencarian gratis.
  3. Daftar media. Ini termasuk blogger, editor, dan influencer yang Anda targetkan.
  4. Melempar. Ini adalah contoh skrip yang dapat dibagikan tim dengan blogger, editor, dan influencer yang relevan. Setiap penawaran harus disesuaikan dengan toko tertentu dan menyertakan ajakan bertindak (CTA).
  5. Ide konten. Ini adalah topik artikel yang diterima dengan baik oleh situs web eksternal. Konten video juga harus ditulis oleh perusahaan itu sendiri.


Anda mungkin menyukai postingan ini

IMG-20230520-WA0009