PR Digital dan Pemasaran Digital
sikom.id- PR Digital dan pemasaran digital adalah dua profesi yang berbeda. Namun keduanya bekerja secara sinergis satu sama lain.
Temukan Perbedaannya
Ada perbedaan antara digital humas (PR) dan digital marketing, meski sama-sama mengandung kata “digital”. Menurut laporan dari Forbes.com, tujuan akhir dari proses pemasaran adalah menjangkau konsumen dan mengembangkan strategi yang berfokus pada penjualan.
Pada saat yang sama, PR harus memastikan bahwa perusahaan mempunyai citra publik yang positif dan tampak dapat dipercaya. Kedua definisi ini merupakan titik temu antara PR digital dan pemasaran. Pada akhirnya, kedua profesi ini saling melengkapi. Karena PR membutuhkan pemasaran digital untuk menghadirkan strategi pemasaran dan periklanan terbaik, begitu pula sebaliknya.
Pemasaran digital membutuhkan PR untuk mendukung periklanan perusahaan guna meningkatkan citra merek. Berdasarkan uraian di atas dilansir perhumas.or.id, baik digital PR maupun digital marketing mempunyai misi untuk “mempromosikan” suatu perusahaan. Namun terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.
1. Tujuan Utama
Tujuan utama PR digital adalah untuk meningkatkan reputasi positif dan kesadaran merek di masyarakat serta membuat masyarakat tertarik untuk membeli produk. Saat ini, tujuan pemasaran digital hanya terfokus pada periklanan. Periklanan ini dapat dilakukan melalui media online, media sosial dan platform digital lainnya.
2. Teknik yang digunakan
Dalam praktiknya, PR digital identik dengan media Relations dan aktivitas membangun hubungan baik. Hal ini termasuk mendistribusikan siaran pers, menerbitkan berita, dan bekerja sama dengan wartawan dan jurnalis dengan tujuan menciptakan citra positif perusahaan. Saat ini, pemasaran digital dalam praktiknya menggunakan berbagai teknik periklanan berbayar, termasuk Google Ads, pemasaran email, pemasaran konten, dan SEO.
3. Fokus Sasaran
Sasaran fokus PR digital adalah mempengaruhi dan membangun citra positif perusahaan di masyarakat. Di sisi lain, fokus pemasaran digital adalah pada tujuan penjualan yang ditetapkan perusahaan.
4. Hasil
Hasil PR digital akan terlihat dalam jangka panjang. Karena membangun reputasi membutuhkan waktu. Namun dampaknya akan terasa dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, hasil pemasaran digital akan lebih cepat dalam bentuk peningkatan lalu lintas, penjualan, dan konversi